BANGKINANG – Bupati Kampar Jefry Noer mendapat gelar kehormatan dari Lembaga Adat Kampar (LAK) sebagai Datuk Andiko Rajo Penghulu.

Gelar kehormatan  tersebut diberikan oleh Ninik Mamak Pucuk Adat Kenegerian se-Kabupaten Kampar karena Bupati selaku  Payung Panji Adat Kabupaten Kampar yang akan diberikan pada acara pengukuhan  kepengurusan LAK masa bhakti 2010-2015,  yang akan digelar di gedung Mahligai Bungsu Bangkinang, Rabu (11/1) mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana Pengukuhan LAK, Drs H Sudirman Dt Patio yang juga Sekretaris LAK yang akan dilantik mengatakan, hingga saat ini segala persiapan untuk pelantikan tersebut sudah dipersiapkan dengan matang dan sudah pula berkoordinasi dengan Bupati Kampar Jefry Noer.

Pengukuhan Ketua LAK Kabupaten Kampar diawali dengan pengukuhan Bupati Kampar Jefry Noer selaku Payung Panji Adat. Prosesi acara pengukuhan dimulai  dengan pemasangan pakaian adat kepada Bupati Kampar oleh  Khaidir Yahya Dt Paduko Ulak dan Edi Susanto Dt  Godang di  Balai Bupati Kampar.

Selanjutnya Bupati Kampar akan diarak dengan seni tradisi khas Kampar Dikir Kubano dengan berjalan kaki dari Balai Bupati menuju  gedung Mahligai Bungsu.  Pengukuhan Bupati Kampar selaku panji adat ditandai dengan pembacaan  naskah pengukuhan  oleh  Prof. Dr. Amir Lutfi  Dt Bandaro Sati dan  pemasangan  Soluok (kopiah adat),  oleh  Ramli Dt Rajo Duo Balai kepada  Bupati Kampar Jefry Noer.

Ketika  pengukuhan itu, Bupati Kampar Jefry Noer diberikan gelar kehormatan  Datuk Andiko Rajo Pengulu. Setelah itu  Bupati selaku Payung Panji Adat Kabupaten Kampar akan mengukuhkan  pengurus LAK Kabupaten Kampar masa bhakti 2010-2015 dengan ketua  LAK Yurnalis Dt Bosau dan  Sekretaris Sudirman Dt Patio.

Gelar kehormatan itu, menurut  Sudirman merupakan hasil kesepakatan Ninik Mamak pucuk adat kenegerian se-Kabupaten Kampar. Sedangkan makna dari gelar Andiko Rajo Pengulu itu berasal dari kata Andiko  yang artinya kesepakatan. Rajo artinya raja atau pemimpin dan pengulu itu artinya Ninik Mamak. “Maka arti  Andiko  Rajo Pengulu itu adalah, kesepakatan sebagai  pemimpin Ninik Mamak,” ujarnya.

Kegiatan pengukuhan ini akan dihadiri oleh Ninik Mamak pucuk Suku Godang ka Nagoghi se-Kabupaten Kampar sebanyak 497 orang ninik mamak,  forum koordinasi daerah,  kepala dinas, badan, kantor, camat dilingkungan pemerintah Kabupaten Kampar dan undangan lainnya. (jef)