Sebanyak 500 hingga 1000 asteroid berukuran besar yang melintasi bumi secara berkala bisa menimbulkan bahaya. Ilmuwan memperingatkan, agar siap-siap melakukan pencegahan, karena jatuhnya asteroid ke bumi bisa menimbulkan bencana besar.

Association of Space Explorers (ASE) pada konferensi pers di markas PBB di Wina melaporkan terdapat 1.000 asteroid dengan diameter 150 kilometer atau lebih merupakan ancaman besar bagi bumi. Jika jatuh ke bumi, asteroid ini bisa menimbulkan kerusakan parah, menyebabkan kebakaran, tsunami dan bencana kelaparan.

Laporan itu berjudul “Ancaman Asteroid: Panggilan untuk Merespon secara Global”. Ilmuwan bahkan memperkirakan ada 6.000 benda kosmik yang beredar di sekitar planet dan dapat mengancam bumi.

Seperti dilansir inilah.com, lembaga itu menyarankan, penelitian, berbagi informasi, jaringan pertahanan sangat dibutuhkan untuk mengkoordinasikan respon global untuk mengatasi masalah itu di bawah komando PBB.

Meskipun bisa memprediksi jatuhnya asteroid 15 tahun sebelum terjadi, tetapi teknologi untuk mencegah hal itu masih belum ada. Dan untuk mewujudkan hal itu perlu kerjasama internasional.

Organisasi ini terdiri dari 34 negara dan memiliki 320 anggota yang semuanya pernah terbang ke angkasa luar.

Komite PBB yang mengurusi Pemanfaatan Ruang Angkasa untuk Perdamaian akan mengkaji laporan itu pada musim pertemuan pada 3 hingga 12 Juni di Wina.