Akhirnya seperti yang diprediksi banyak pihak Barack Obama menang dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat mengalahkan rivalnya John McCain. Politisi kulit hitam ini menjadi Presiden AS ke 44, dan sekaligus ia mencatat sejarah baru bahwa Barack Obama merupakan presiden kulit hitam pertama di negara yang terkenal dengan isu rasial ini.

Sebenarnya, Barack Obama- yang pernah tinggal di Indonesia ini selama empat tahun, bukan merupakan presiden AS termuda yand dimiliki Amerika Serikat, karena sebelumnya juga ada empat presiden AS yang berusia muda; mereka adalah; Ulysses S. Grant: 46 tahun 10 bulan. Theodore “Teddy” Roosevelt: 42 tahun 10 bulan. John F. Kennedy: 43 tahun 7 bulan, dan Bill Clinton: 46 tahun 5 bulan. Sedangkan Obama akan berumur 47 tahun 5 bulan saat dilantik menjadi presiden baru AS pada 20 Januari 2009 mendatang. Obama lahir pada 4 Agustus 1961 di Honolulu, Hawaii, AS.

Secara keseluruhan, menurut News.com.au, ada 8 presiden AS yang memimpin Gedung Putih saat usia mereka 40-an tahun. Empat lagi adalah: James Polk (49 tahun 4 bulan), Franklin Pierce (48 tahun 3 bulan), James Garfield (49 tahun 3 bulan) dan Grover Cleveland (47 tahun 11 bulan).

Usia rata-rata presiden AS saat dilantik adalah 55 tahun. Jadi presiden termuda AS saat terpilih untuk memimpin Gedung Putih adalah John F. Kennedy. Sedangkan presiden termuda saat harus melanjutkan kepemimpinan adalah Theodore “Teddy” Roosevelt, setelah presiden William McKinley terbunuh.

Majunya Obama sebagai calon presiden AS beberapa waktu lalu, ternyata juga berimbas kewacana kepemimpinan Indonesia. Apalagi dalam waktu yang tidak lama, negara ini juga akan melakukan pemilihan presiden yang ke tujuh. Ketika Obama maju sebagai capres maka beberapa partai juga membuka wacana mengusung kaum muda sebagai pemimpin, tepatnya sebagai presiden.

Sehingga, golongan tua di negeri ini, menjadi risih. Golongan tua dianggap tidak lagi mampu membawa perubahan yang signifikan terhadap perkembangan bangsa karena ide-ide yang fres tidak lagi mereka miliki.

Setuju atau tidak setuju, diperkirakan pada Pemilu 2009 mendatang bangsa ini akan dipimpin oleh kaum muda. Coba saja lihat daftar calon legislatif yang didominasi oleh mereka-mereka yang berusia muda. Yang menjadi pertanyaan, apakah mereka yang berusia muda memiliki kemampuan seperti yang diharapkan. Jika ‘kedatangan’ kaum muda hanya mengandalkan kenekatan, bangsa ini akan terus sengsara. Kita buktikan saja.