Hasil quick count (penghitungan cepat) yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) bersama Jaringan Isu Publik (JIP) dan Lembaga Survei Indonesia (LSI) untuk sementara waktu menempatkan pasangan calon gubernur Riau Rusli Zainal dan calon wakil gubernur Riau Raja Mambang Mit sebagai peraih suara terbanyak di Pilgubri, yakni, 56,85 persen.

Meski dianggap unggul sementara, tapi perolehan suara itu masih dibayangi dengan cukup tingginya angka pemilih golput alias tidak menggunakan hak suaranya sekitar 41 persen lebih atau dengan tingkat partisipasi hanya 58,80 persen. Tingginya angka golput juga diakui oleh Ketua Pokja Pilgubri Makmur Hendrik. “Tingkat partisipasi masyarakat di Pilgubri ini rendah dan berkisar 55 persen lebih. Hal ini berdasarkan pantauan di lapangan dan pengamatan di sejumlah TPS, seperti di Kampar dan lainnya,” jelas Makmur, Senin (22/9).

Sementara itu Ketua KPU Riau Raja Syofyan Samad sebelumnya telah menegaskan bahwa berapapun jumlah pemilih yang mencoblos tidak akan mempengaruhi keabsahan Pilkada karena tak diatur dalam undang-undang batas minimalnya. Hanya saja hal ini berpengaruh pada citra legitimasi pemerintahan.

Dari data versi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menempatkan pasangan nomor urut dua ini dengan perolehan 56,85 persen. Sedangkan di urutan kedua menempel pasangan Chaidir-Suryadi Khusaini dengan perolehan 22,18 persen suara dan di tempat ketiga pasangan Raja Thamsir Rachman-Taufan Andoso Yakin dengan 20,97 persen suara.

1. CS: 22,18 persen

2. RZ-MM: 56,85 persen

3. TAMPAN: 20,97 persen

GOLPUT: 41 persen

Jumlah Pemilih pada DPT: 3.205.849 jiwa

Kuasai 9 Daerah
Soal distribusi suara di daerah-daerah, Rusli Zainal diklaim menang di semua daerah kecuali untuk Kabupaten Indragiri Hulu yang dikuasai oleh Thamsir Rachman dengan perolehan suara 46,79 persen, sedangkan Rusli Zainal 44,51 persen dan Chaidir 8,70 persen.

Demikian juga untuk Kabupaten Rokan Hulu gantian dikuasai oleh Chaidir dengan suara 52,05 persen, sedangkan Rusli Zainal 40,59 persen dan Thamsir 7,37 persen. Untuk daerah perkotaan sendiri seperti Pekanbaru, kekuatan cukup berimbang meski masih dikuasai oleh Rusli Zainal dengan perbandingan suara 52,17 persen, Chaidir 23,64 persen dan Thamsir 24,19 persen. Yang menariknya, dari survei dilansir LSI versi Denny JA ini juga menyinggung soal efektifitas dukungan partai politik seperti PKS, PAN, Golkar, PDIP dan Demokrat.

Uniknya, untuk dukungan suara Demokrat dari analisa survei itu menunjukkan hanya 30,8 persen mendukung Tampan, 7,7 persen mendukung CS dan 57, 7 persen mendukung RZ-MM. Demikian juga dengan PDIP yang disebut hanya 33,3 persen mendukung CS dan 33,3 persen lainnya ke RZ-MM, termasuk PAN sebanyak 54,5 persen ke RZ-MM dan 18,2 persen ke CS dan 27,3 ke Tampan.