Setengah jam lagi (pukul 13.00 wib) proses pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, atau yang disebut dengan Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) akan berakhir. Walaupun demikian, dari pantauan di beberapa tempat ternyata masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya.

Mereka yang tidak menggunakan hak pilih tersebut diantaranya pedagang, nelayan, karyawan dan sebagainya. Alasannya, selain tidak mendapat kartu pemilih atau undangan untuk dibawa ke TPS juga disebabkan karena sikap apatis masyarakat terhadap Pilkada dalam menentukan nasib 4,7 juta warga Riau.

Dalam Pilkada atau Pilgubri tahun ini, ada sebanyak 3,2 juta jiwa masyarakat Riau yang berhak memilih salah satu dari tiga pasangan calon di 8.517 TPS di seluruh Riau. Ketiga pasangan tersebut adalah pasangan Chaidir-Suryadi, Rusli Zainal-Mambang Mit ataukah Thamsir Rachman-Taufan Andoso.

Ketua KPU Riau, Raja Sofyan Samad menyampaikan bahwa masyarakat yang telah terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap) akan tetapi tidak mendapatkan undangan atau kartu pemilih, tetap bisa menggunakan hak pilihnya, dengan syarat menunjukkan KTP pada Petugas PPS.