Pasangan Rusli Zainal-Mambang Mit (RZ-MM) dalam Pemilihan Gubernur Riau 22 September, di luar dugaan. Awalnya pasangan ini akan ditempel ketat oleh pasangan Thamsir-Taufan (Tampan), ternyata menang mutlak (dari hasil perhitungan cepat). Sedangkan pasangan Chaidir-Suryadi (CS) berada diurutan kedua.

Rusli memang membuat kejutan. Bagaimana tidak, pasangan ini selain menang di 10 Kabupaten/kota dari 11 Kabupaten/kota di Riau, RZ-MM yang merupakan calon incumbent ini mampu menang di atas 50 persen. Ia juga menang di kantong-kantong suara lawan politiknya. Seperti menang di TPS tempat Chaidir mencoblos, bahkan menang di kabupaten Inhu kampung dan wilayahnya pasangan Thamsir- Taufan. Bahkan di Inhu Thamir hanya menang tipis (3 persen) dari pasangan RZ-MM.

Sebagai informasi, Thamsir merupakan mantan Bupati Inhu selama dua periode atau 7 tahun setengah. Diperkirakan perolehan suara yang dibilang maksimal di Inhu ini disebabkan oleh pengaruh ketua Tim Sukses RZ-MM, Soegianto, yang memang merupakan tokoh masyarkat Jawa di Inhu dan Riau. Soegianto ini sebelumnya juga pernah ingin maju sebagai calon Bupati Inhu, bersaing dengan Thamsir.

Dalam pemilihan yang berakhir pukul 13.00 wib menunjukkan bahwa RZ-MM menang di kawasan banjir dan di Lembaga Pemasyarakatan.