Dua lembaga survey yaitu Lingkaran Survey Indonesia (LSI) dan Lembaga Survey Indonesia (LSI) melakukan quick count (penghitungan cepat) pilgubri. Hasilnya, dua-duanya memenangkan pasangan RZ-MM.

Nampaknya, kedigjayaan pasangan RZ-MM tak perlu diragukan lagi. Karena selain penghitungan cepat yang dilakukan oleh jaringan Metro TV, duo LSI, Lembaga dan Lingkaran Survey Indonesia juga turut menyatakan kemenangan pasangan RZ-MM.

Uniknya, jumlah prosentase kemenangan satu stasiun TV swasta dan 2 lembaga survey tersebut tak berbeda jauh. Yaitu di kisaran 22-23% untuk pasangan CS, 54-55% untuk pasangan RZ-MM dan 21-22% untuk pasangan Tampan.

Bahkan, dari keterangan 1 stasiun TV swasta dan 2 lembaga survey tersebut sama-sama menyatakan kemenangan RZ-MM di seluruh kabupaten/kota di Riau. Hanya 1 kabupaten saja yang pasangan RZ-MM kalah. Yaitu di basis suara Thamsir, Indragiri Hulu.

Peneliti Lembaga Survey Indonesia, Adam Kamil kepada Riauterkini Senin (22/9) mengatakan bahwa pihaknya melakukan survey bukan untuk mengarah kepada penggiringan opini siapa yang menang dan siapa yang kalah. Namun hanya sebagai kontrol pemilu yang jurdil.

“Dalam melakukan proses quick count, kami melibatkan 400 relawan di 400 TPS dari 8500 lebih TPS di seluruh Riau yang tersebar secara proporsional di setiap kabupaten/kota di Riau,” katanya.

Disinggung mengenai golongan putih alias tidak ikut memilih, Adam Kamil mengatakan bahwa diperkirakan sebanyak 37% warga Riau tidak ikut memilih. Jumlah tersebut dihitung dari tingkat partisipasi pemilih.

Menurutnya golput itu sendiri di pilah menjadi beberapa bagian. Yaitu tidak ikut memilih dengan kesadaran tidak memilih atau masalah tehnis menjadi tidak ikut memilih.