Pengamat penerbangan Dudi Sudibyo menduga rekaman percakapan pilot AdamAir bocor di pelatihan investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk wartawan. Namun, tidak ada pemutaran rekaman percakapan dalam pelatihan itu.

detikcom sendiri mengikuti pelatihan yang diadakan KNKT di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada Kamis 15 Mei 2008 lalu.

Pemateri tunggal dalam pelatihan itu adalah Deputi Direktur Informasi dan Investigasi Australia Transportation Safety Bureau (ATSB) Alan L Stray.

Program pelatihan sehari itu memang salah satu program kerja sama antara KNKT dengan ATSB. Dengan harapan, tidak ada lagi kesalahan wartawan dalam menulis tentang kecelakaan pesawat terbang yang penuh dengan hal teknis dan aturan.

Stray saat itu menyampaikan serangkaian tata cara investigasi, yang dilakukan investigator kecelakaan pesawat terbang.

Yang dijelaskan Stray saat itu merupakan tata cara baku yang mengacu pada standar International Civil Aviation Organization (ICAO). Mulai dari pengumpulan data di lapangan, menyusun laporan investigasi, hingga merilisnya kepada publik. Serta etika apa saja yang harus dipatuhi investigator, termasuk tidak menggunakan temuan investigasi untuk menyalahkan, atau membawa seseorang ke jalur hukum.

Tidak ada rekaman percakapan pembacaan black box yang diputar saat itu. Yang ada, hanya serangkaian foto-foto dokumentasi kecelakan pesawat terbang di seluruh dunia, yang ditunjukkan melalui proyektor.

Salah seorang wartawan dari harian ekonomi yang seharian mengikuti pelatihan itu juga tidak mendapati adanya pemutaran rekaman dalam pelatihan itu.

“Saya ikut dari awal. Nggak ada itu,” ujar wartawan yang enggan disebutkan namanya kepada detikcom, Senin (4/8/2008).

Belum diketahui secara pasti, apakah pelatihan yang dimaksud Dudi Sudibyo itu adalah pelatihan pada Kamis 15 Mei 2008, atau ada pelatihan lain yang diselenggarakan KNKT. Yang diketahui dari wartawan yang biasa nongkrong di Dephub, hanya pelatihan hari Kamis 15 Mei 2008.